Demi menggalakan dan meningkatkan minat baca serta kunjungan mahasiswa dan civitas akademika IAIN Bengkulu, maka Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu mengadakan kegiatan pemilihan Duta Baca perpustakaan 2019, (Jum’at dan Sabtu, 30 dan 31 Agustus 2019). Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari seluruh Fakultas yang ada di IAIN Bengkulu.

Peserta yang terpilih mengikuti seleksi sebanyak 40 orang. Diawali dengan mengerjakan tes kognitif peserta diuji pengetahuan mengenai perpustakaan dan informasi. Selanjutnya seluruh peserta mempresentasikan visi, misi serta program kerja jika terpilih menjadi duta baca. Setelah itu peserta yang telah selesai presentasi langsung melanjutkan sesi wawancara .

Peserta dinilai oleh tiga orang dewan juri , yakni Ahmad Irfan, S.Sos.I, M.Pd,I (Kepala Perpustakaan IAIN Bengkulu), Dr. Nelly Marhayati, M.si (Akademisi dan Psikolog) dan Pihan Pino, S.Kom, M.Kom (GMR RB TV).

Hasilnya, Annis Mahmudah mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris terpilih menjadi pemenang pertama Duta Baca Pusat Perpustakaan Iain Bengkulu 2019. Diurutan kedua dan ketiga yakni Arbi Dwi Mardianto mahasiswa Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam dan Desi Anggeraini Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam.